TY - JOUR AU - Meilani, Yohana F. Cahya Palupi PY - 2018/10/22 TI - DAYA TARIK DALAM MINAT BELI ULANG BOLU TAPE SEBAGAI PRODUK MAKANAN KHAS UMKM TANGERANG JF - Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan; Vol 1 No 1 (2018): Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan 2018 KW - N2 - Pengelola bisnis baik besar maupun kecil harus memberikan nilai lebih kepada pelanggan, agar menjadikan keunggulan kompetitif diantara pesaingnya.  Hal ini dilakukan untuk menciptakan daya tarik yang kuat dalam penentuan pembelian produk oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menentukan minat beli ulang produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya makanan khasTangerang bolu tape. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada enam narasumber yang terdiri dari dua pelaku UMKM yang memproduksi bolu tape lebih dari tiga tahun, empat konsumen yang sudah melakukan lebih dari tiga kali pembelian dalam setahun terakhir. Penegakan validitas dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil analisis  dirumuskan dalam pola, kategori dan membentuk variabel yang dibuat dalam proposisi. Hasil menunjukan bahwa keputusan pembelian terhadap UMKM dengan produk makanan khas Tangerang bolu tape, memiliki banyak faktor dalam penentuan keputusan pembelian tersebut, seperti layanan yang diberikan oleh pelaku UMKM, harga yang ditetapkan terhadap, kualitas produk, cita rasa sebagai keunggulan kompetitif  yang tidak dimiliki para pesaingnya. Hasil  proposisi-proposisi didapat  yaitu biaya produksi memengaruhi kualitas produk dan harga bolu tape produk makanan khas Tangerang. Kualitas produk memengaruhi harga. Selanjutnya kualitas produk memengaruhi citra produk, dimana citra produk memengaruhi  kepuasan konsumen. Dan harga juga andil dalam memengaruhi kepuasan konsumen sehingga kepuasan konsumen memengaruhi minat beli ulang. Kontribusi penelitian diharapkan memberikan masukan bagi pelaku UMKM pembuat makanan khas Tangerang untuk mengetaui bagaimana dapat membuat konsumen tertarik melakukan pembelian ulang dan mempunyai keunggulan kompetitif dengan pesaingnya. UR - http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/701