%A Zakiyah, Imamatus %A Yuliana, Rita %D 2018 %T PENYERTAAN NILAI KASIH (NESER) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL TERASI MADURA %K %X Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep penentuan harga jual terasi Madura karena berdasarkan kajian atas beberapa penelitian terdahulu diperoleh informasi bahwa terdapat fenomena penyertaan nilai-nilai non-ekonomi pada penentuan harga jual pada beberapa produk tertentu. Peneliti memilih industri terasi karena produk tersebut menjadi ikon industri lokal Madura dan pengusaha Madura dikenal memiliki karakteristik Junel (berkewirausahaan). Fenomenologi transedental digunakan untuk mengeksekusi tujuan penelitian, dengan melibatkan dua informan kunci yang merupakan pengusaha terasi di Desa Ambunten Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai non-ekonomis yang disertakan dalam menentukan harga jual adalah nilai kasih (neser). Nilai tersebut disertakan pada pembentukan harga jual sebagai wujud rasa persaudaraan meskipun hal tersebut berkonsekuensi terhadap pengurangan keuntungan. %U http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/751 %J Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan %0 Journal Article %P 562-573%V 1 %N 1 %8 2018-10-22