DAYA TARIK DALAM MINAT BELI ULANG BOLU TAPE SEBAGAI PRODUK MAKANAN KHAS UMKM TANGERANG

Main Article Content

Yohana F. Cahya Palupi Meilani

Abstract

Pengelola bisnis baik besar maupun kecil harus memberikan nilai lebih kepada pelanggan, agar menjadikan keunggulan kompetitif diantara pesaingnya.  Hal ini dilakukan untuk menciptakan daya tarik yang kuat dalam penentuan pembelian produk oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menentukan minat beli ulang produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya makanan khasTangerang bolu tape. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada enam narasumber yang terdiri dari dua pelaku UMKM yang memproduksi bolu tape lebih dari tiga tahun, empat konsumen yang sudah melakukan lebih dari tiga kali pembelian dalam setahun terakhir. Penegakan validitas dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil analisis  dirumuskan dalam pola, kategori dan membentuk variabel yang dibuat dalam proposisi. Hasil menunjukan bahwa keputusan pembelian terhadap UMKM dengan produk makanan khas Tangerang bolu tape, memiliki banyak faktor dalam penentuan keputusan pembelian tersebut, seperti layanan yang diberikan oleh pelaku UMKM, harga yang ditetapkan terhadap, kualitas produk, cita rasa sebagai keunggulan kompetitif  yang tidak dimiliki para pesaingnya. Hasil  proposisi-proposisi didapat  yaitu biaya produksi memengaruhi kualitas produk dan harga bolu tape produk makanan khas Tangerang. Kualitas produk memengaruhi harga. Selanjutnya kualitas produk memengaruhi citra produk, dimana citra produk memengaruhi  kepuasan konsumen. Dan harga juga andil dalam memengaruhi kepuasan konsumen sehingga kepuasan konsumen memengaruhi minat beli ulang. Kontribusi penelitian diharapkan memberikan masukan bagi pelaku UMKM pembuat makanan khas Tangerang untuk mengetaui bagaimana dapat membuat konsumen tertarik melakukan pembelian ulang dan mempunyai keunggulan kompetitif dengan pesaingnya.

Article Details

How to Cite
MEILANI, Yohana F. Cahya Palupi. DAYA TARIK DALAM MINAT BELI ULANG BOLU TAPE SEBAGAI PRODUK MAKANAN KHAS UMKM TANGERANG. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-16, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/701>. Date accessed: 05 june 2020.
Section
Articles

References

Aaker, David. A. 2009. Strategic Market Management, Fouth ed. John Wiley &. Sons.
Buchari. A. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta
Blackwell, R. D., et al. 2012. Consumer Behavior. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.
Carpenter, Mason A, and WM. Gerard Sanders. 2009. Strategic Management : a Dynamic Perspective Concepts and Cases, 2nd ed. Pearson Education.
Carter, W.K. 2009. Akuntansi Biaya. Salemba Empat. Jakarta.
Drummond KE & Brefere LM. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Profesisional’s. Seventh Edition. New Jersey.John Wiley & Sons, Inc
Ferrell, O.C and Michael D. Hartline. 2010. Marketing Strategy, 5th ed. Cengage Learning.
Hansen, Don R., dan Maryanne M. Mowen. 2013. Managerial Accounting. 8 th. Edition. South-Western: Thomson.
Hanggana, Sri, Akuntansi Biaya. 2009. Edisi 1. Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press). Surakarta, Jawa Tengah.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson.Prentice Hall.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2010. Principle of Marketing, 13th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Person Education.
Lamb, Hair, and McDaniel.2008. Marketing, 10th ed. Cengage Learning.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Marsum, A.W. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya, Edisi IV. Yogyakarta: Andi.
Meilani, Yohana Cahya Palupi dan Sahat Simanjuntak. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 14. No. 2. Hal. 164 – 172. Universitas Petra.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.