ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Studi Pada PT BRI Syariah Cabang Malang

Main Article Content

Ratna Dian Fatmawati Yayuk Sri Rahayu

Abstract

The purposes of this research are to know the influence of experiential marketing to customer loyalty through customer satisfaction.The research used
quantitative approach with descriptive type. The sample of the research was108customersof BRISyariahMalang using simple random sampling method.
The data analysis used path analysis.The research resultshows that experiential marketing consist of sense, feel, act, relate influenced significant and positivetocustomer satisfaction, the variable of think had a significant negative influence tocustomer satisfaction. Experiential marketing consist of the variables sense, feel, act, relate influenced significant and positiveto customer loyalty, the variable of think had a significant negative influence to customer loyalty. The
customer satisfaction had a positive influence to customer loyalty. Finally, experiential marketing influenced to loyalty through customer satisfaction

Article Details

How to Cite
FATMAWATI, Ratna Dian; RAHAYU, Yayuk Sri. ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 74-90, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/709>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles

References

Andreani, Fransisca. 2007. Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2 (1), 1-8.
Dharmawansyah, Inggil. 2013. Pengaruh Experiential Marketing dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Rumah Makan Pring Asri Bumiayu). SKRIPSI (dipublikasikan). Universitas Negeri Semarang
Diana, Ilfi Nur. 2012. Hadis-hadis Ekonomi. Malang : UIN-Maliki Press
Dimyati, Mohamad. 2013. Peranan experiential marketing dan kepuasan pasien dalam menciptakan loyalitas pasien rumah sakit fatimah banyuwangi. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Jember
Fahri, Ikhwan. 2009. Marketing Experiential :Dimensi Baru Dalam Pemasaran. Artikel Magister Tekonologi dan Bisnis Industri Ketenagalistrikan. Diunduh pada tanggal 14 September 2017 dari https://www.scribd.com/doc/49192030/Artikel-ExperientialMarketing
Fildzah,AlmasAmalina. 2017. Pengaruh Experiential Marketing TerhadapLoyalitasNasabahMelaluiKepuasanNasabah Bank SyariahMandiriCabang Gresik. SKRIPSI (tidakdipublikasikan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah : Cara jitu meningkatkan pertumbuhan pasar bank syariah. Yogyakarta : Ghalia Indonesia
Kotler, Philip. 1999. Marketing.Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. 2003. Marketing Insights From A to Z (80 Konsep yang Harus Dipahami Oleh Setiap Manajer). Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid I dan II, Alih Bahasa Bob Sabran, Indeks, Jakarta
Kusumawati, Andriani. 2011. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan: Kasus Hypermart Malang Town Square (Matos). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern. ISSN 2085-0972,Vol-3 (1), 75-86
Oeyono, Januar.T., Dharmayanti, Diah. 2013. Analisa Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Intervening Variabel Di Tator Cafe Surabaya
Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 2, (2013) 1-9
Schmitt, Bernd. 2011. Experience Marketing: Concepts, Frameworks and Consumer Insights. USA : Columbia Business School Columbia University New York, NY 10027
Soelasih. (2004). Kepuasan Konsumen. Diunduh pada tanggal 15 Desember 2017, dari http://ekonurzhafar.wordpress.com/2010/03/20/kepuasankonsumen/
Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi
Tjiptono, Fandy., Chandra, Gregorius. 2007. Service, Quality & Satisfaction (jilid 2). Yogyakarta : Penerbit Andi
Yuliawan, Eko., Ginting, Mbayak. 2016. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Mandiri Cabang Medan Balai Kota. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Volume 6, Nomor 01