PENGGUNAAN METHODE SEDERHANA PENGISIAN LAPORAN KARTU SEDIAAN DAN LAPORAN RUGI LABA SEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA TOKO KECIL PENGABDIAN MASYARAKAT PADA TOKO DI PANTI ASUHAN K.K DI SURABAYA

Main Article Content

Budianto Tedjasuksmana Agnes Utari W. Bernadetta Diana N Theodorus Radja C Martono

Abstract

Suatu organisasi yang telah berjalan cukup lama, tentu memiliki perkembangan yang tampak dari hasil prestasi kinerjanya, sehingga prestasi yang telah dicapai dari waktu ke waktu perlu dilakukan analisis demi kemajuan yang lebih baik di masa` mendatang. Sebuah organisasi baik itu bergerak dalam bidang usaha dagang maupun jasa tentu membutuhkan suatu system informasi. Salah satu fungsi umum dari akuntansi adalah mengkomunikasikan informasi ekonomi. Komunikasi yang timbul tentu dapat menyebabkan suatu pengaruh khususnya pada pengguna informasi itu khususnya yang menyangkut pengambilan keputusan. Akuntansi pada usaha kecil dan menengah pada umumnya nemiliki intensitas pencatatan yang rendah , dengan pengertian bahwa pencatatan yang ada cenderung jarang bahkan tidak dilakukan. Beberapa hasil penelitian yang melakukan pengamatan terhadap peranan literasi akuntansi pada  Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM ) banyak yang menyimpulkan adanya kelemahan pada sumber daya manusia, pengetahuan yang belum dimiliki, terlalu menyita waktu dan sebagainya. Lebih lanjut ditegaskan bahwa rendahnya intensitas dalam UMKM disebabkan beberapa faktor dari pemilik yang memiliki persepsi bahwa pencatatan , pembukuan dan pelaporan bukanlah merupakan suatu hal yang penting dengan pertimbangan bahwa perhatian kepada aspek akuntansi tentu akan mengorbankan perhatian lainnya , misalnya pada aspek pemasaran yang ada,  bahkan produksi yang berkesinambungan juga mana aspek aspek ini juga perlu diperhatikan dengan baik ,sehingga  turut menyita perhatian pemiliknya.


Bidang usaha dagang pada umumnya menjual suatu barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokoknya, dengan tujuan mencapai hasil yaitu laba. Barang dagangan yang dijual  khususnya di toko kecil dari suatu panti asuhan dapat memiliki resiko. Dengan pendekatan pengamatan lapangan yang ada, maka diperlukan suatu methode pengisian sediaan dan cara penghitungan rugi laba sediaan yang sangat sederhana agar dapat memenuhi harapan pengguna.

Article Details

How to Cite
TEDJASUKSMANA, Budianto et al. PENGGUNAAN METHODE SEDERHANA PENGISIAN LAPORAN KARTU SEDIAAN DAN LAPORAN RUGI LABA SEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA TOKO KECIL. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 489-499, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/735>. Date accessed: 05 june 2020.
Section
Articles

References

Caudia. C.P. Application of Accrual and Cash Accounting: implicationfor Small and Medium Enterprises in Metro Manila. DLSU BUSINESS AND ECONOMICS REVIEW 17 (1), De La Salle University, Manila.

Elizabeth Penti Kurniawati, Paskah Ika Nugroho, Chandra Arifin, 2012. Penerapan Akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Informatics and Busisness Institute Darmajaya JMK vol 10, no 2.

Sri Ernawati, Jumirin Asyikin , Octavia Sari. 2016. Penerapan Sistem Akuntansi Dasar pada Usaha Kecil Menengah di kota Banjarmasin, Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, vol 6 no 2 hal 81-91.

Tedjasuksmana, Budianto. 2014. Potret UMKM Indonesia dalam menghadapi masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, the 7th NCFB and Doctoral Cooloquium 2014, Towars A New Indonesia Business Architecrure Sub Tema: “Business And Economic Transformation Towards AEC 2015”Fakultas Bisnis dan Pascasarjana UKWMS

Zulfikar, Tashadi Tarmizi dan Arianto. 2012. Praktek Akuntansi : kajian Faktor Motivasi Adopsi Pada Usaha Kecil Menengah di Kalimantan Barat. Jurnal Eksos, Vol 8 , No 1 , hal 34-40.