PENYERTAAN NILAI KASIH (NESER) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL TERASI MADURA

Main Article Content

Imamatus Zakiyah Rita Yuliana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep penentuan harga jual terasi Madura karena berdasarkan kajian atas beberapa penelitian terdahulu diperoleh informasi bahwa terdapat fenomena penyertaan nilai-nilai non-ekonomi pada penentuan harga jual pada beberapa produk tertentu. Peneliti memilih industri terasi karena produk tersebut menjadi ikon industri lokal Madura dan pengusaha Madura dikenal memiliki karakteristik Junel (berkewirausahaan). Fenomenologi transedental digunakan untuk mengeksekusi tujuan penelitian, dengan melibatkan dua informan kunci yang merupakan pengusaha terasi di Desa Ambunten Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai non-ekonomis yang disertakan dalam menentukan harga jual adalah nilai kasih (neser). Nilai tersebut disertakan pada pembentukan harga jual sebagai wujud rasa persaudaraan meskipun hal tersebut berkonsekuensi terhadap pengurangan keuntungan.

Article Details

How to Cite
ZAKIYAH, Imamatus; YULIANA, Rita. PENYERTAAN NILAI KASIH (NESER) DALAM PENENTUAN HARGA JUAL TERASI MADURA. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 562-573, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/751>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles

References

Ahmad, Kamaruddin. 2013. Akuntansi Manajemen,Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Alimuddin. 2011. Konsep Harga Jual Islami. Jurnal Penelitian Universitas Hasanuddin.
Alimuddin., dkk. 2011. Konsep Harga Jual Kejujuran : Meraih Keuntungan Menggapai Kemaslahatan. JAMAL ISSN 2086-7603 Vol.2 No.1.
Amaliah, Tri Handayani. 2014. Konsep Harga Jual Berbasis Nilai-Nilai Budaya Komunitas Papalele Masyarakat Maluku. Disertasi Universitas Negeri Gorontalo.
Amaliah, Tri Handayani. 2016. Nilai Nilai Budaya Tri Hita Karana dalam Penetapan Harga Jual. Jurnal Akuntansi Multiparadigma Vol.7 No.2, Universitas Negeri Gorontalo. Hal 189-206.
Efferin, Sujoko., Stefanus Hadi Darmadji., dan Yuliawati Tan. 2004. Metode Penelitian Untuk Akuntansi: Sebuah Pendekatan Praktis. Malang: Bayumedia Publishing.
Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen. 1999. Akuntansi Manajemen. Buku 1. Edisi 4. Jakarta: Selemba Empat.
Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen. 2001.Manajemen Biaya. Buku 2. Jakarta: Selemba Empat.
Hansen, Don R dan Maryanne M. Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial. Buku 1. Edisi 8. Jakarta: Selemba Empat.
Kabib, Nur., Alfiati Nurrokhmini., dan Tri Hastutik. 2017. Metode Variable Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Produk. The Fifth URECOL PROCEEDING ISBN 978-979-3812-7, UAD Yogyakarta.
Kamayanti, Ari. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh.
Maleong, Lexy, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
MARS. 2015. Wanginya Bisnis Terasi di Indonesia.http://www.marsindonesia.com/newsletter/wanginya-bisnis-terasi-di-indonesia. Diakses pada tanggal 6 April 2018.
Moray, Jessica Claudia., David Paul Elia Saerang., dan Treesje Runtu. 2014. Penetapan Harga Jual dengan Cost Plus Pricing menggunakan Pendekatan Full Costing pada UD. Gladys Bakery.Jurnal EMBA ISSN 2303-1174 Vol.2 No.2,Universitas Sam Ratulangi Manado. Hal 1272-1283.
Mulyadi. 1993. Akuntansi Manajemen : Konsep. Manfaat, dan Rekayasa. Edisi 2, cetakan 1. Yogyakarta : STIE YKPN.
Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
Musdalifah., Ventje Ilat., dan Inggriani Elim. 2014. Penerapan Metode Variable Costing Dalam Penentuan Harga Jual Pada PT. Cahaya Murni Raya Industri. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174 Vol.2 No.3, Universitas Sam Ratulangi Manado. Hal 096-102.
Rifai, Mien Ahmad. 2007. Manusia Madura. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pilar Media.
Sodikin, Slamet Sugiri. 2015. Akuntansi Manajemen: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Wardoyo, Dwi Urip. 2016. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dan Penentuan Harga Jual Atas Produk : Studi Kasus Pada PT Dasa Windu Agung. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis ISSN 2527-7502 Vol.1 No.2, Universitas Islam Attahiriyah Jakarta. Hal 183-190.
Zalshabila, Shavira dan Aji Dedi Mulawarman. 2012. Javanese Price Setting: Refleksi Fenomenologis Harga Pokok Produksi Pedagang Bakso di Kota Malang. Jurnal Penelitian Universitas Brawijaya Malang.