PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI EXPO SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER WIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA KEGURUAN

Main Article Content

Dewi Amaliah Nafiati Neni Hendaryati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris mengenai Pembelajaran kewirausahaan melalui expo kewirausahaan dapat menumbuhkan karakter wirausaha mahasiswa keguruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan jumlah responden sebanyak 67 mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah praktik kewirausahaan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.


Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS menyatakan bahwa pembelajaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap expo kewirausahaan dengan taraf signifikansi 0,000. Pengaruh yang diberikan variabel X terhadap Y sebesar 0,439, dengan nilai e1=0,8989. Variabel expo kewirausahaan memberikan pengaruh sebesar 0,541 terhadap pembentukan karakter wirausaha dengan e2=0,679. Pengaruh langsung yang ditimbulkan variabel X terhadap Z sebesar 0,234, sedangkan pengaruh totalnya antara variabel X melalui Y terhadap variabel Z sebesar 0,471.

Article Details

How to Cite
NAFIATI, Dewi Amaliah; HENDARYATI, Neni. PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI EXPO SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER WIRAUSAHA DI KALANGAN MAHASISWA KEGURUAN. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 381-389, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/755>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

References

Antonic B, Hisrich R. 2003. Clarifying The Intrapreneurship Concept. Emerald Journal os Small Bussiness and Enterprose Development. Volume 10. Number 1

Barbosa, S.D.M.W.Gerhard., dan J.R. Kickul. 2007. The Role of Cognitive Style and Risk Preference on Entrepreneurial Intentions. Journal of Leadership and Organizational Studies, 3 (4): 87-104.

Daryanto, Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Rusdiana. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pusaka Setia

Sugihartono,dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Sumahamijaya, Yasben dan Dana. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan: Suatu Upaya Bagi Keberhasilan Program Pendidikan Berbasis Luas/ Broad Based Education dan Life Skills. Bandung: Angkasa

Suryana. 2010. Kewirausahaan: Pedoman, Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat

www.bps.go.id diakses tanggal tanggal 22 Mei 2017 pukul 13.00

Zaenudin, M. 2005. Pedoman Pembelajaran Praktikum di Laboraturium. Yogyakarta