IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX PADA PEMBIAYAAN PENSIUN BSM Studi Kasus pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Malang

Main Article Content

Irmayanti Hasan Adelina Dita Wahyuni

Abstract

Marketing strategies must be designed appropriately to meet consumer needs and achieve company goals. Marketing Mix strategy conducted by sharia banking to inform the customer about the activity in banking. The purpose of this research is to know the implementation of marketing mix strategy in BSM pension financing in PT. Bank SyariahMandiri Malang Area Office. Researchers use qualitative research with descriptive approach. The subjects of this study were three persons, data collected by observation, interview and documentation. The results showed that the implementation of marketing mix strategy at PT. Bank SyariahMandiri Malang Area Office of 7P. Product, pension financing one of its products. Price, low administrative cost and competitive margin. Promotion, by going directly to prospective customers, socialization and brochures. Place, strategic location. People, employees who play a role are Sales Force and Consumer Banking Relationship Manager. Process, there are five processes in financing. Physical evidence, PT. Bank Syariah Mandiri Malang Area Office has a fairly large and neat building.

Article Details

How to Cite
HASAN, Irmayanti; WAHYUNI, Adelina Dita. IMPLEMENTASI STRATEGI MARKETING MIX PADA PEMBIAYAAN PENSIUN BSM. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1275-1288, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/762>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles

References

Abdullah, Amrin. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Grasindo: Jakarta.
Akmala, Denise Tria. 2015. “Implementasi Marketing Mix pada Tabungan Utama” (Tidak dipublikasikan).
Al-Qur’an al-Karim dan terjemahan.
Amalia, Hanis Rizki. 2015. “Implementasi Marketing Mix pada Produk Bancassurance” Tugas Akhir (Tidak dipublikasikan).
Ascarya. 2007. Akad & produk bank syariah. PT. Grafindo Persada: Jakarta.
Asiyah, Binti Nur. 2015. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Kalimedia: Yogyakarta.
Asyhadie, Zaeni. 2008. Aspek-aspek Hukum Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Bilsom, Simamora. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitable. Edisi pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Chandra, Gregorius. 2005. Strategi Dan Program Pemasaran. ANDY : Yogyakarta.
Dahlan, Ahmad. 2012. Bank Syariah Teoritik, Praktik, Kritik. Teras: Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Djakfar, Muhammad. 2009. Hukum Bisnis, UIN Malang Pres, Malang.
Effendi, Ridwan. 2010. Pendidikan Lingkungan, Sosial, Budaya, dan TeknologiI. CV. Maulana Medika Grafika. Bandung
Fuad, M., Christin H., Nurlela, Sugiarto, Paulus. 2000. Pengantar Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gunara, Thorik dan Utus Hardiono Sudibyo. 2008. Marketing Muhammad: Strategi Andal dan Jitu Bisnis Nabi Muhammad SAW. Madani Prima. Bandung
Harun, Rochajat. (2007). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Pelatihan. Bandung : Mandar Maju
Hasanah, Uswatun. 2017. “Implementasi Strategi Marketing Mix Tabungan Haji”(Tidak dipublikasikan).
Ismail. 2014. Perbankan Syariah. Kencana Prenada Media: Jakarta.
Karim, adiwarman. 2002. Bank Islam Analisis Fiqih Dan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada: Edisi II, Jakarta.
Kasmir. 2010. Manajemen perbankan. Rajawali Pers: Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi kedelapan. Erlangga: Jakarta.
Kotler, Philip. 1997. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani . 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat: Depok.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa;Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Penerbit PT. Salemba Empat: Jakarta.
M, Fuad dkk. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia
Machfoedz, Mas’ud. 2004. Kewirausahaan Metode, Manajemen dan Implementasi. BPFE: Yogyakarta.
Muhammad. Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. (Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, 2005)
Pedoman Penulisan Tugas Akhir Program Studi Diploma Tiga (D-III) Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (2015)
Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar – Ruzz Media
Rahmawati. 2015. “Implementasi Pembiayaan Akad Murabahah pada Pensiun” Tugas Akhir (Tidak dipublikasikan).
Simamora, Bilsom. 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Subagyo, Joko. (2004). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta :PT Rineka CIpta.
Sri Hartini, Setiajeng Kadarsih, Tedi Sudrajat. 2008. Hukum Kepegawaian Di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 2002. Pengantar Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern). Liberty: Yogyakarta.
Usman Rachmadi. (2009). Produk dan Akad Perbankan Syariah di Indonesia (Implementasi dan Aspek Hukum). Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Yusanto, M.I. dan M.K Widjajakusuma. 2002. Menggagas Bisnis Islami. Gema Insani Press. Jakarta.
https://www.kbbi.co.id/, diakses 2 Maret 2018.
https://www.syariahmandiri.co.id/, diakses 27 Februari 2018.
Hanggari Deasy Rufaida, Suci Murti Karini, Nugraha Arif Karyanta, Hubungan
antara Penyesuaian Diri pada Pensiunan Pegawai di Desa Sidoarum
Kecamatan Godean Kabupaten Sleman, (Online),
(http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/download/56/46, dikutip 13 Maret 2018).