EKONOMI KREATIF DI KAWASAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE

Main Article Content

Akh Fawaid

Abstract

Ekowisata dan Ekonomi Kreatif tidak dapat di pisahkan. Keduanya, memiliki keterkaitan dan saling menguntungkan. Ekowisata sebagai salah satu aktivitas pariwisata yang berbasis lingkungan dengan mengutamakan konservasi alam dan edukasi, tidak bisa berjalan sendiri, tanpa aktivitas ekonomi kreatif. Sebab, sesungguhnya, ekowisata juga harus mempertimbangkan aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal dan sosial. Sebaliknya, ekonomi kreatif tidak dapat berjalan maksimal, apabila tidak ada aktivitas pariwisata. Karena, efektivitas ekonomi kreatif akan tumbuh dan berkembang jika dipadukan dengan aktivitas pariwisata. Sehingga, antara pariwisata dan ekonomi kreatif, harus sejalan dan se-irama. Dampaknya,pada kesejahteraan masyarakat wisata. Kajian ini lebih menekankan pada aspek peluang ekonomi kreatif, di kawasan ekowisata hutang mangrove, yang ada di Madura. Salah satunya, di kawasan Hutan Mangrove Desa Lembung, Kecamatan Galis, Pamekasan. Termasuk, menganalisa potensi saling menguntungkan, antara ekonomi kreatif dan ekowisata. 

Article Details

How to Cite
FAWAID, Akh. EKONOMI KREATIF DI KAWASAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1120-1129, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/808>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles

References

Sadono Sukirno, 2005. Mikro Ekonomi Teori Pengantar, edisi ketiga, Jakarta: Rajawali Pers.

Intijanto, 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran (Cara Praktis Meneliti Konsumen Dan Pesaing), edisi Revisi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rindang Sugiharto, 2005. Akhlaq Manusia (Modal Dasar Ber-Wirausaha), cetakan 1, Jakarta: Nuansa.

Sadono Sukirno, 2006. Ekonomi Pembangunan (Proses, Masalah, Dan Dasar Kebijakan), Edisi Kedua, Jakarta: Prenadamedia Group.

Buchari Alma, 2005. Kewirausahaan (Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Bagi Mahasiswa Dan Masyarakat Indonesia), Bandung, Alfabeta.

Murti Sumarni-Jhon Soeprihanto, 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan), Edisi Keenam, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Hani Handoko, 2012. Managemen personalia & Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pamekasan, 2015. Data Hutan Mangrove Dan Hutan Rakyat. Pamekasan. Indonesia.

BPS. 2015. Pamekasan dalam Angka. Pamekasan. Badan Pusat Statistik

http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20151020055037-241-85945/menanti langkah-nyata-badan-ekonomi-.diunduh 25 mei 2017.

http://www.antaranews.com/berita/511673/ini-kontribusi-industri--di-perekonomian-indonesia. diunduh 25 mei 2017.