ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI FINANCING TO DEPOSIT RATIO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERBANKAN SYARIAH

Main Article Content

Leny Nur Fitria Putri Kurnia Widiati

Abstract

Fungsi utama bank adalah sebagai lembaga intermediasi keuangan (financial intermediary) karena fungsi pokoknya melakukan intermediasi antara unit defisit dan unit surplus. Untuk semakin meningkatkan eksistensi Bank Syariah serta kepercayaan masyarakat Indonesia akan jasa Perbankan Syariah maka perlu peningkatan kinerja pada perbankan syariah tersebut. Indikator dari barometer meningkatnya kinerja keuangan perbankan syariah dapat diukur pada tingkat profitabilitasnya. Dari beberapa variabel yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain serta ditemukannya beberapa penelitian mengenai CAR, BOPO, NPF dan DPK yang berpengaruh positif dan negatif terhadap ROA kemudian, diiringi dengan penelitian-penelitian yang menghasilkan FDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA maka penelitian ini menggunakan Financing to Deposit (FDR) sebagai variabel mediasi yang dapat digunakan untuk mengisi perbedaan hasil atau menjembatani ketidak konsistenan hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan DPK tidak digunakan untuk meningkatkan FDR tetapi lebih untuk menjaga tingkat likuiditasnya untuk mengantisipasi penarikan dana sewaktu- waktu oleh nasabah; semakin kecil BOPO menunjukkan semakin efisien bank dalam menjalankan aktifitas usahanya; Pembiayaan yang disalurkan oleh bank tersebut memberikan pendapatan margin kepada bank syariah yang selanjutnya akan meningkatkan ROA bank syariah; Jika profitabilitas Bank Umum Syariah yang dukur melalui variabel rasio-rasio keuangan dalam perbankan syariah itu sendiri tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan
maka ada indikasi tingkat profitabilitas pada Bank Umum Syariah dipengaruhi oleh faktor-faktor lain antara lain faktor eksternal yaitu kondisi ekonomi negara, sosial dan politik.

Article Details

How to Cite
FITRIA, Leny Nur; WIDIATI, Putri Kurnia. ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI FINANCING TO DEPOSIT RATIO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERBANKAN SYARIAH. Prosiding Seminar Nasional: Manajemen, Akuntansi, dan Perbankan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1389 - 1406, oct. 2018. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/835>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles

References

Agbeja., Delakun., Olufemi. (2015). Capital Adequacy Ratio and Bank Profitability in Nigeria: A Linear Approach. International Journal of Novel Research in Marketing Management and Economics Vol. 2, Issue 3, pp: (91-99).
Buchory, Herry Achmad. (2014). Analysis Of The Effect Of Capital, Credit Risk And Profitability To Implementation Banking Intermediation Function (Study On Regional Development Bank All Over Indonesia Year 2012). International Journal of Business, Economics and Law, Vol. 4, Issue 1.
Gizaw, Million., Kebede, Matewos., Selvaraj, Sujata. (2015). The Impact Of Credit Risk On Profitability Performance Of Commercial Banks In Ethiopia. African Journal Of Bussiness Management, Vol. 9(2), pp. 59-66.
Pratiwi, Dhian Dayinta. (2011). Pengaruh CAR, BOPO, NPF Dan FDR terhadap Return On Asset (ROA) Bank Umum Syariah (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2005 –2010). Skripsi (dipublikasikan). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Soemtiro, Andri. (2009). Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.
Wityasari, Meryta. (2014). Analisis Pengaruh CAR, Dana Pihak Ketiga (DPK), NPL Dan LDR Terhadap Profitabilitas Perbankan Dengan LDR Sebagai Variabel Intervening. Skiripsi (dipublikasikan). Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Wardana, Ridhlo Ilham Putra. (2015). Analisis Pengaruh CAR, FDR, NPF, BOPO Dan SIZE Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2011-2014). Skripsi (dipublikasikan). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.