Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Main Article Content

Alfi Nurlaili Rahmawati

Abstract

Kebutuhan literasi menjadi hal krusial di era Society 5.0. Bermodal literasi cukup peserta didik dapat berinteraksi dengan kebutuhan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi di kelas 5 tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian yang diambil adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan adalah hasil pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik terkait soal numerasi yang didapatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen tes terdiri dari beberapa seoal literasi dan pertanyaan berhitung. Berdasarkan hasil penelitian Dari 12 siswa yang melakukan tes dan wawancara sebanyak 7 siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat rendah dan sisanya memiliki kemampuan numerasi sedang dengan jumlah siswa 5.

Article Details

How to Cite
RAHMAWATI, Alfi Nurlaili. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 59-65, dec. 2021. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1502>. Date accessed: 30 nov. 2024.
Section
Mathematics Education

References

[1] Mustakim, B. 2011. Pendidikan Karakter: Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru
[2] Ellitan. 2020. Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society. Jurnal Maksupreneur Vol. 10 No. 1 Available from : https://ejournal.up45.ac.id/index.php/maksipreneur/article/view/657/543
[3] Kusmiarti, R & Hamzah. 2019. Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahsa dan Sastra. Available from : https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
[4] Ibda, H. 2019. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa Vol. 15 No. 1. Available from : https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.227
[5] Harususilo, Y.E. 2018. Menristek: Mahasiswa Harus Kuasai Literasi Baru, Apa Saja?. https://edukasi.kompas.com/read/2018/07/17/22471971/menristek-mahasiswa-harus-kuasai-literasi-baru-apa-saja
[6] Erdy Poernomo, Lia Kurniawati, dan Khamida Siti Nur Atiqoh. 2021. Studi Literasi Matematis. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) Vol. 3 No. 1
[7] Ekowati, D.W., Astuti, Y.P., Utami, I.W.P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B.I. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vo. 3 No. 1. Available from : https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
[8] Fianto, F. 2018. Literasi Numerasi dalam Pengembangan Klub Steam dan Wirausaha di Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
[9] NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers Mathematics, Inc
[10] Suryapuspitarini B.K, Wardono & Kartono. 2018. Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang
[11] Erdy Poernomo, Lia Kurniawati, dan Khamida Siti Nur Atiqoh. 2021. Studi Literasi Matematis. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) Vol. 3 No. 1
[12] Shiddiq Sugiono. 2020. Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Society 5.0 Perspective). Jurnal IPTEK -KOM (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi). Available from : https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/view/3471/1471
[13] Kusmiarti, R & Hamzah. 2019. Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Bahsa dan Sastra. Available from : https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba
[14] Mahmud, M.R & Pratiwi I.M. 2019. Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No.1. Available from : https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
[15] Dewi Nadhila Ahri dan Heni Pujiastuti. 2021. Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol. 8 No. 2
[16] Anggrieni, Novika dan Ratu Ilma Indra Putri. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. 472-481
[17] Purwasih, Ratni, Novi Rahma Sari, dan Sopia Agustina. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy No. 05 Vol. 01