Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning dengan Integrasi Nilai Islam Terhadap Keaktifan Siswa
Main Article Content
Abstract
Peneliti telah mengamati kegiatan pembelajaran di SMKN 6 Surabaya. Dominasi siswa cenderung bosan terhadap pelajaran Matematika yang disebabkan beberapa faktor terutama faktor pengajaran oleh guru. Oleh karena itu peneliti mencoba metode baru yang dimana akan membuat keaktifan siswa meningkat. Dari penelitian yang telah dilakukan menggunakan “One-Shot Case Study”, peneliti mendapatkan hasil bahwa keaktifan siswa meningkat dan siswa jadi lebih fokus terhadap metode yang telah diberikan. Selain itu siswa juga dapat diingatkan tentang integrasi Islam yang ada di dalam Matematika. Tak hanya keaktifan yang meningkat tetapi juga keimanan siswa juga meningkat. Hal lain yang peneliti dapatkan adalah pengaruh hasil pembelajaran siswa terhadap metode ini berkorelasi dengan keaktifan siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
[2] Jeffery S. Nevid, Spencer A. Rathus, dan Beverly Greene. 2005.”Psikologi Abnormal”. Jakarta:Erlangga
[3] Kartini Kartono. 2003.”Patologi Sosial Gangguan Kejiwaan”. Jakarta: PT Raja Grafindo Parsada
[4] Muhtaran, Ahmad Z.2016. Pengaruh Game Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Surabaya : Hikmah Press
[5] Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta
[6] Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya