Kontribusi Pemikiran Imre Lakatos (1922-1974) Dalam Pendekatan Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah
Main Article Content
Abstract
Revolusi metode ilmiah bermula dari pemikiran tokoh filsafat klasik yang di redesign tokoh filsafat kontemporer, diantaranya Imre lakatos. Pendekatan Saintifik yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah termasuk upaya mendidik anak usia dasar berpikir ilmiah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pemikiran Imre Lakatos dalam pendekatan berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Rumusan masalah penelitian ini yakni apa saja kontribusi pemikiran Imre Lakatos dalam pendekatan Saintifik di MI dan bagaimana Implikasi Negative Heuristic-HardCore juga Positive Heuristik-Protective belt dalam pendekatan berbasis saintifik MI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pemikiran Imre lakatos dalam pendekatan berbasis saintifik di MI menghasilkan semangat Scientific Approach atau yang dinamakan 5M (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan). Sedangkan Implikasi Negative Heuristic-HardCore dan Positive Heuristik-Protective belt yakni pada kemampuan menstimulasi ketajaman analisa pesertadidik, mengkorelasikan pengalaman belajar, serta berani mengemukakan hasil sebuah penemuan.