Kontribusi Pemikiran Imre Lakatos (1922-1974) Dalam Pendekatan Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah

Main Article Content

Wahyu Iskandar Nur Rohman Muhammad Yusuf

Abstract

Revolusi metode ilmiah bermula dari pemikiran tokoh filsafat klasik yang di redesign tokoh filsafat kontemporer, diantaranya Imre lakatos. Pendekatan Saintifik yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah termasuk upaya mendidik anak usia dasar berpikir ilmiah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji kontribusi pemikiran Imre Lakatos dalam pendekatan berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Rumusan masalah penelitian ini yakni apa saja kontribusi pemikiran Imre Lakatos dalam pendekatan Saintifik di MI dan bagaimana Implikasi Negative Heuristic-HardCore  juga Positive Heuristik-Protective belt dalam pendekatan berbasis saintifik MI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi pemikiran Imre lakatos dalam pendekatan berbasis saintifik di MI menghasilkan semangat Scientific Approach atau yang dinamakan 5M  (Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan). Sedangkan Implikasi Negative Heuristic-HardCore  dan Positive Heuristik-Protective belt yakni pada kemampuan menstimulasi ketajaman analisa pesertadidik, mengkorelasikan pengalaman belajar, serta berani mengemukakan hasil sebuah penemuan.

Article Details

How to Cite
ISKANDAR, Wahyu; ROHMAN, Nur; YUSUF, Muhammad. Kontribusi Pemikiran Imre Lakatos (1922-1974) Dalam Pendekatan Berbasis Saintifik di Madrasah Ibtidaiyah. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 13-21, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1060>. Date accessed: 19 mar. 2024.
Section
Articles