Pengaruh Model Integrasi Matematika dan al Quran terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Madura

Main Article Content

Fatimatuz Zahroh Siti Faridah

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika hingga saat ini terus mengalami perkembangan. Salah satu dari perkembangan tersebut adalah praktikĀ  pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan agama Islam. Hal ini tidak terlepas dari tujuan agar matematika tidak hanya menumbuhkan nilai-nilai intelektual, tapi juga dapat meningkatkan nilai-nilai spritual pada anak didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model integrasi matematika dan alquran terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa prodi PGMI IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan sampel penelitian adalah mahasiswa prodi PGMI angkatan 2018 kelas A dan B, kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, baik itu untuk hasil belajar dan motivasi belajar, yang berarti ada pengaruh model integrasi matematika dan al quran terhadap hasil dan motivasi belajar mahasiswa.

Article Details

How to Cite
ZAHROH, Fatimatuz; FARIDAH, Siti. Pengaruh Model Integrasi Matematika dan al Quran terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Madura. Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 27-31, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1062>. Date accessed: 07 apr. 2020.
Section
Articles