Representasi Interval pada Garis Bilangan sebagai Alat Bantu untuk Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi yang dibuat oleh siswa mengenai interval dengan bantuan garis bilangan. Pembuatan garis bilangan bertujuan untuk menjembatani pemahaman siswa menuju konsep matematika yang abstrak. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang menempuh mata kuliah Matematika Dasar pada semester pertama. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal mengenai operasi himpunan yang melibatkan selang. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa membuat representasi selang pada garis bilangan. Garis bilangan dapat membantu mereka untuk dapat menemukan hasil dari operasi himpunan yang berupa intersection dan union. Beberapa mahasiswa juga menunjukkan kesalahan representasi yang dibuat pada garis bilangan. Hal ini mengakibatkan kesalahan dari hasil yang diperoleh. Representasi visual menjadi hal yang penting dalam pembelajaran matematika yang banyak melibatkan konsep yang abstrak.