Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Analogi Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Analogi

Main Article Content

Masithoh Yessi Rochayati Arini Mayan Fa’ani

Abstract

Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menunjukkan adanya fragmentasi struktur berpikir. Fragmentasi struktur berpikir dapat diatasi melalui defragmentasi struktur berpikir. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah analogi. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa SMK kelas XI. Peneliti melakukan defragmentasi struktur berpikir melalui intervensi terbatas dengan memberikan disekuilibrasi dan scaffolding. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga jenis defragmentasi, yaitu: (1) perbaikan berpikir logis untuk mengatasi terjadinya berpikir tidak logis, (2) pemunculan skema dan pemunculan koneksi untuk mengatasi ketiadaan koneksi, dan (3) pemunculan skema untuk mengatasi ketiadaan skema dan lubang konstruksi.

Article Details

How to Cite
ROCHAYATI, Masithoh Yessi; FA’ANI, Arini Mayan. Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Analogi. Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 321-330, dec. 2019. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1118>. Date accessed: 09 aug. 2020.
Section
Articles