Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Analogi Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Analogi
Main Article Content
Abstract
Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menunjukkan adanya fragmentasi struktur berpikir. Fragmentasi struktur berpikir dapat diatasi melalui defragmentasi struktur berpikir. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah analogi. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa SMK kelas XI. Peneliti melakukan defragmentasi struktur berpikir melalui intervensi terbatas dengan memberikan disekuilibrasi dan scaffolding. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga jenis defragmentasi, yaitu: (1) perbaikan berpikir logis untuk mengatasi terjadinya berpikir tidak logis, (2) pemunculan skema dan pemunculan koneksi untuk mengatasi ketiadaan koneksi, dan (3) pemunculan skema untuk mengatasi ketiadaan skema dan lubang konstruksi.