IMPLEMENTASI NILAI DASAR SHALIH AKROM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN

Main Article Content

Faridatun Nikmah

Abstract

Tujuan dari pendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk menyempurnakan diri individu secara berkelanjutan dan membiasakan diir untuk menjadi invidu yang lebih baik. Demikian pula Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen tingkat Ibtidaiyah yang konsisten dalam menjalankan kurikulum berbasis kearifan lokal dalam rangka menjaga dan memperbaiki moral peserta didik. Ada 9 nilai plus 1 yang terangkum dalam Nilai Dasar Shalih Akrom, yaitu Al-Khirs (curiosity), Al-Amanah (kejujuran), Al-Tawadldlu’ (humbleness), Al-Istiqamah (disiplin), Al-Uswah al-Hasanah (keteladanan), Al-Zuhd (tidak berorientasi pada materi), Al-Kifah al-Mudawamah (Kejuangan), Al-I’timad ala al-Nafs (kemandirian), Al-Tawashshuth (Moderat), Al-Barakah. Nilai-nilai tersebut terefleksi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari seperti penerapan kurikulum mandiri, hafalan, Seragam khas Banat dan Guru Perempuan, Ziarah Makam, Musalsal. Pendekatan penelitian kualitatif diguanakan oleh peneliti dalam menyusun artikel ini. Fokus penelitian kualitatif ini terletak pada tujuannya, yaitu mendeskripsikan tentang segala informasi yang berkaitan dengan pengembangan sistem nilai pada pendidikan perguruan Islam yang berbasis kearifan lokal. Hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa teori Lickona tentang values action dapat terwujud melalui pelaksanaan program-program kegiatan di Perguruan Islam Mathali’ul Falah yang di dalamnya mengandung nilai dasar shalih akrom.

Article Details

How to Cite
NIKMAH, Faridatun. IMPLEMENTASI NILAI DASAR SHALIH AKROM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 70 - 79, jan. 2021. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1230>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles