KETERAMPILAN ABAD 21 DAN DESAIN PEMBELAJARANNYA

Main Article Content

Mohammad Karim

Abstract

Ada banyak keterampilan hari ini yang tidak akan terpakai lagi di masa mendatang. Tetapi, ada banyak profesi baru yang akan bermunculan di masa mendatang. Fokus utama studi ini adalah untuk mendiskripsikan keterampilan yang dibutuhkan di kehidupan abad 21 dan cara menggapai keterampilan dimaksud melalui desain pembelajaran. Studi ini memakai paradigma interpretif. Pendekatannya kualitatif. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan jurnal dan buku sebagaiamana dalam daftar pustaka. Teknik analisis data studi ini berupa analisis isi jurnal dan buku yang sudah terkumpul. Uji validitasnya berupa membandingkan isi jurnal dan buku hasil dokumentasi. Berdasar studi ini dapat dikatakan bahwa paradigma pendidikan masa mendatang akan menganut Cybergogy.Teori belajarnya menganut Connectivism. Adapun gaya belajarnya menganut Heytagogy. Metode pembelajarnnya menganut Blended. Prinsip pembelajaran menganut prinsip kedewasaan dalam memperlakukan siswa. Tri Pusat pendidikan masa depan berupa siswa, big data, dan guru. Guru masa depan harus memiliki keterampilan dalam mensinkronkan informasi digital berupa big data untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Siswa masa mendatang cukup dibekali agar punya kemampuan mendayagunakan Big Data dan mengambil keputusan bertangung jawab atasnya.

Article Details

How to Cite
KARIM, Mohammad. KETERAMPILAN ABAD 21 DAN DESAIN PEMBELAJARANNYA. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 161 - 169, jan. 2021. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1240>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles