KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Main Article Content

Rosita Nur Koyimah Ria Norfika Yuliandari

Abstract

Kemampuan representasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam menyatakan
suatu ide atau gagasan matematika baik berupa gambar, simbol, ataupun tulisan yang digunakan
untuk mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan representasi matematika siswa kelas IV dalam
penyelesaian soal cerita materi bangun datar di SD Negeri 2 Plampangrejo. Data dikumpulkan
dengan menggunakan instrumen soal tes, wawancara dan dokumentasi. Soal tes diujikan kepada 3
siswa dengan masing-masing siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini
dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) representasi
yang sering digunakan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yaitu representasi simbolik,
sedangkan representasi yang jarang digunakan yaitu representasi verbal, (2) siswa berkemampuan
tinggi dan sedang cenderung menggunakan representasi visual dan simbolik, (3) siswa
berkemampuan rendah cenderung menggunakan representasi simbolik.

Article Details

How to Cite
KOYIMAH, Rosita Nur; YULIANDARI, Ria Norfika. KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 224 - 230, jan. 2021. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1249>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles