APLIKASI TIK-TOK: DESAIN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR

Main Article Content

Bima Fandi Asy’arie Mad Sa'i

Abstract

Problematika yang kerap terjadi dalam pendidikan Islam adalah kurangnya keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pembelajaran saat ini, mendesain pengembangan pembelajaran, dan mengetahui kepraktisan desain pengembangan pembelajaran akidah akhlak melalui aplikasi tik-tok. Metode penelitian ini adalah penelitian Reseach and Development (R&D) yang analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hahwa pembelajaran akidah akhlak sudah berjalan dengan baik. Namun, metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode ceramah, diskusi dan hafalan. Desain pengembangan pembelajaran ini menggunakan beberapa aplikasi pendukung seperti Benime, Text Voice Free, Picsart, Kine Master dan Video ke MP3 Converter serta aplikasi bantuan WhatsApp. Penilaian 9 validator yang meliputi ahli materi 83,5%, ahli desain pembelajaran 84,4%, ahli media pembelajaran 84,4%, semua dikategorikan dangat layak. Tahap pengembangan uji kelompok kecil memperoleh 88,0%, dan implementasi uji coba kelompok besar perolehan tertinggi yaitu 67,7% predikat sangat sesuai. Perolehan uji pre-test dan post-test dengan rata-rata 90 naik 60%, jadi ketuntasan siswa selama belajar menggunakan media tik-tok 100% tuntas. Kemudian, uji kepraktisan memperoleh rerata skor 4,8 dengan kategori sangat praktis. Ini menunjukkan bahwa desain pengembangan yang telah diujicobakan sangat layak untuk dikembangkan lebih lanjut.

Article Details

How to Cite
ASY’ARIE, Bima Fandi; SA'I, Mad. APLIKASI TIK-TOK: DESAIN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 86-102, jan. 2024. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/2568>. Date accessed: 02 mar. 2024.
Section
Articles