EFEKTIFITAS METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN GRESIK

Main Article Content

Haris Dwi Fathoni

Abstract

Permasalahan pendidikan di Indonesia salah satunya kurang antusiasme belajar terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam karena imbas pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19.  Maka peneliti memiliki gagasan untuk menguji teori Antusiasme Belajar siswa dengan mengaplikasikan metode Teams Games Tournament dengan Teknik Fastest Quiz pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjabarkan bagaimana tingkat antusiasme belajar siswa kelas IX MTsN Gresik sebelum menerapkan metode TGT Teknik Fastest Quiz, (2) untuk menjabarkan bagaimana tingkat antusiasme belajar siswa kelas IX MTsN Gresik sesudah menerapkan metode TGT Teknik Fastest Quiz, dan (3) untuk menjabarkan tingkat keefektivan metode TGT Teknik Fastest Quiz dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas IX MTsN Gresik. Penelitian ini mengaplikasikan paradigma kuantitatif berjenis Eksperimen dengan metode Single Subject Research tipe Withdrawal Design A-B. Metode pengambilan data yang diterapkan peneliti yaitu angket antusiasme belajar milik Nisfi Indriyani dari Universitas Jambi dengan pengukuran skala Likert dan berjenis angket tertutup yang kemudian mengolah data dengan analisis data antar kondisi Peneliti memilih lokasi penelitian di MTsN Gresik dengan memilih subjek penelitian yaitu kelas 9I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline dengan metode pembelajaran Konvensional mendapati total nilai 1904 berkategori cukup, kemudian pada fase intervensi dengan metode pembelajaran TGT mendapati total nilai 1945. Maka dari fase A ke B terlihat hasil perbedaan yang signifikan bahwa perubahan kondisi hanya mengalami 1 kali kecenderungan arah dominan positif atau naik, perubahan level yakni total +41, kecenderungan stabilitas yakni stabil ke stabil dan overlap 0% sehingga metode TGT Teknik Fastest Quiz efektif untuk meningkatkan antusiasme belajar siswa pada saat pembelajaran Al-Quran Hadits.

Article Details

How to Cite
FATHONI, Haris Dwi. EFEKTIFITAS METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTsN GRESIK. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 169-179, dec. 2023. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/2576>. Date accessed: 02 mar. 2024.
Section
Articles