EKSPLORASI NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA “GOTONG ROYONG” PADA SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYYAH 01 SINGOSARI
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah sebuah proses yang terlibat dalam pengajaran dan pembelajaran dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, serta pemahaman individu. Secara lebih umum, pendidikan juga meliputi upaya-upaya untuk membentuk karakter, moral, dan etika individu. Salah satu upaya untuk membentuk karakter pesertadidik adalah menciptakan suasana pembelajaran yang damai,tentram serta rukun. Untuk mewujudkan hal tersebut salahatunya dengan bermetode pembelajaran gotong royong. Keberadaan kerja sama kolektif (gotong royong) dalam ranah pendidikan memiliki dampak yang signifikan dalam menciptakan suasana belajar yang sehat dan produktif. Gotong royong mencerminkan semangat untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan membagi tanggung jawab bersama dalam mendukung kemajuan pendidikan. Tujuan penelitian untuk menganalisis pentingnya existensi gotong royong dalam Pendidikan. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa program pendidikan berlandaskan semangat kolaborasi masih tetap ada hingga saat ini. Meskipun demikian, ada sejumlah siswa yang menghadapi kesulitan dalam mengadopsi sikap gotong royong dan masih mendapat penilaian yang baik. Salah satu strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan karakter gotong royong adalah memberikan contoh langsung kepada siswa dan memberikan penghargaan berupa pujian. Dengan demikian, semangat gotong royong siswa menjadi lebih selaras dengan tujuan pendidikan di sekolah.