PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Main Article Content

Majda Qudsiyatul Malikh Ahmad Izzul Affaf Assajjad Syaiful Mustofa

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab memiliki potensi besar membentuk pribadi seseorang menjadi lebih baik. Pembentukan karakter ini memiliki dampak yang signifikan pada kesejahteraan masyarakat dan bangsa secara keseluruhan. Hal ini dibuktikan keterampilan dan pengetahuan yang didapat dari pembelajaran Bahasa Arab mendorong individu untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan perilaku yang positif dan etika yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab dalam pembentukan akhlakul karimah bagi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumen. Sumber data primer penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kelas F Tahun 2023. Adapun sumber data sekunder berupa literatur kitab dan pengamatan sehari-hari. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan tiga cara, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dalam membentuk akhlakul karimah melibatkan dua aspek yaitu konsep dan praktik pembelajaran bahasa Arab. Aspek konsep mencakup rujukan rasional dan religius, seperti dalil aqli dan naqli, serta pemanfaatan literatur islam seperti kitab Alfiyah Ibnu Malik, Tarbiyatun Nufus, dan Manaqib Asy Syafi’i. Sementara itu, dalam praktik pembelajaran Bahasa Arab, ditemukan adanya nilai-nilai seperti tawadhu’, istiqamah, dan tawakkal.

Article Details

How to Cite
MALIKH, Majda Qudsiyatul; ASSAJJAD, Ahmad Izzul Affaf; MUSTOFA, Syaiful. PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 347-360, dec. 2023. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/2620>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles