PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH MAHASISWA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab memiliki potensi besar membentuk pribadi seseorang menjadi lebih baik. Pembentukan karakter ini memiliki dampak yang signifikan pada kesejahteraan masyarakat dan bangsa secara keseluruhan. Hal ini dibuktikan keterampilan dan pengetahuan yang didapat dari pembelajaran Bahasa Arab mendorong individu untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan perilaku yang positif dan etika yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab dalam pembentukan akhlakul karimah bagi mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumen. Sumber data primer penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kelas F Tahun 2023. Adapun sumber data sekunder berupa literatur kitab dan pengamatan sehari-hari. Analisis data yang digunakan adalah model Miles Huberman dengan tiga cara, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab dalam membentuk akhlakul karimah melibatkan dua aspek yaitu konsep dan praktik pembelajaran bahasa Arab. Aspek konsep mencakup rujukan rasional dan religius, seperti dalil aqli dan naqli, serta pemanfaatan literatur islam seperti kitab Alfiyah Ibnu Malik, Tarbiyatun Nufus, dan Manaqib Asy Syafi’i. Sementara itu, dalam praktik pembelajaran Bahasa Arab, ditemukan adanya nilai-nilai seperti tawadhu’, istiqamah, dan tawakkal.