PENILAIAN PEMBELAJARAN PADA MA'HAD ALY LIRBOYO KEDIRI JAWA TIMUR

Main Article Content

Alfin Mustikawan Dita Violani Balqies Salsabilla M M. Hafidhil Ahkam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotret proses pelaksanaan penilaian pembelajaran di Ma’had Aly Lirboyo Kediri Jawa Timur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam bersama mudir ma’had, dosen, dan mahasantri. Sebagai pendukung, data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku kegiatan mahasantri, buku pedoman pengajaran dosen, dan penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Agar data yang dihasilkan bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber sebagai metode pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya Ma’had Aly Lirboyo memiliki empat jenis penilaian dalam proses pembelajaran. Pertama, evaluasi mingguan atau thamrin dilaksanakan setiap hari senin yang pada pelaksanaannya bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman mahasantri selama satu minggu terhadap satu mata kuliah. Kedua, evaluasi semester yang dilaksanakan dengan menggunakan metode tertulis untuk melihat peningkatan akademik mahasantri pada seluruh mata kuliah serta penilaian sikap keseharian mahasantri selama satu semester berlangsung. Ketiga, evaluasi muhafadhoh yang dalam pelaksanaannya mengharuskan mahasantri untuk menghafal. Dimana pada tahap evaluasi ini setiap mahasantri terbagi ke dalam tiga kelas dengan target pencapaian yang berbeda-beda. Keempat, evaluasi tam-taman yang dalam pelaksanaannya menuntut mahasantri untuk mampu memaknai kitab yang sudah dibahas sebelumnya dengan para dosen.

Article Details

How to Cite
MUSTIKAWAN, Alfin et al. PENILAIAN PEMBELAJARAN PADA MA'HAD ALY LIRBOYO KEDIRI JAWA TIMUR. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 368-374, dec. 2023. ISSN 2613-9804. Available at: <http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/2622>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles