Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Akademik
Main Article Content
Abstract
Di era teknologi industri 4.0, dunia pendidikan mengalami perubahan yang signifikan. Guru merupakan salah satu pelaksana sistem pendidikan nasional demi terwujudnya tujuan pendidikan nasional. Kualitas seorang guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Guru harus mempunyai kualifikasi dan kompetensi dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik dan sebagai bagian dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan profesionalisme guru melalui kualifikasi akademik, dan bagaimana pengembangan profesionalisme guru melalui kompetensi akademik. Pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, display data, dan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGMI angkatan 2016, 2017, dan 2018 STAIMA Al-Hikam Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru melalui kualifikasi akademik dengan pemasaran materi/mata kuliah serta ijazah sarjana PGMI. Pengembangan profesionalisme guru kompetensi akademik dengan cara pemberian studi lapangan ke sekolah untuk observasi dan studi perangkat pembelajaran, penguatan microteaching pada materi sains.